Sales call merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk meningkatkan penjualan. Metode ini menuntut tim sales untuk melakukan kunjungan ke outlet-outlet pelanggan. Tujuan sales call adalah menawarkan produk ke outlet baru sekaligus memastikan semua penjualan berjalan lancar di outlet lama. Meski terkesan kuno, cara ini masih cukup efektif terlihat dari banyaknya bisnis yang mengimplementasikannya.
Sales call adalah aktivitas seorang salesman mengunjungi ke outlet-outlet bisnis ritel. Umumnya dalam sehari mereka dapat mengunjungi beberapa outlet sekaligus untuk menawarkan produk ke outlet-outlet.
Proses tawar menawar yang membuahkan hasil berupa transaksi penjualan disebut effective call. Tidak hanya berupa transaksi, salesman yang berhasil menagih pembayaran atau hanya terjadi retur penjualan / sales return saja sudah bisa dikatakan sebagai Effective Call.
Menjual produk atau layanan
Sales call adalah perangkat yang digunakan tim penjualan untuk mendekati prospek potensial dengan tujuan mereka mau melakukan transaksi atau pembelian. Tim sales harus bisa meyakinkan prospek tentang keunggulan atau manfaat yang akan didapatkan dari produk yang ditawarkan.
Membangkitkan kepercayaan pelanggan
Agar berhasil melakukan penjualan, tim sales harus bisa meyakinkan pelanggan produk yang ditawarkan bermanfaat untuk mereka. Meskipun sebenarnya mereka tidak membutuhkan produk kita. Tapi mungkin saja pelanggan akan merujuk kita kepada seseorang yang membutuhkannya.
Melakukan pendekatan personal
Terkadang, panggilan telepon tidak memberikan cukup waktu untuk menawarkan atau menjual produk dan layanan kita.
Oleh karena itu, melakukan kunjungan secara langsung dapat membangun hubungan yang lebih personal.
- Menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan
- Memudahkan dalam mengidentifikasi apakah prospek potensial atau sesuai dengan target pasar yang ditentukan
- Membuka peluang untuk menjaring prospek yang lebih luas
- Terlihat lebih profesional dimata pelanggan
- Pembicaraan yang terjalin dengan pelanggan lebih fleksibel termasuk kesepakatan yang dibuat
- Meningkatkan penjualan
Stok Produk pada Outlet Berlebihan
Tanpa melakukan kunjungan, tim penjualan tidak tahu jumlah stok yang ada pada outlet. Hal ini menyebabkan overstock yang bisa merugikan apabila produk memiliki batas kadaluarsa.
Kehabisan Stok
Masalah ini bisa saja muncul apabila tim sales tidak berkunjung secara rutin. Hal ini bisa menghilangkan kesempatan kita untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dan kehilangan pelanggan yang melakukan pembelian pada kompetitor.
Tagihan Macet
Ketika kita lama tidak mengunjungi sebuah outlet, mungkin saja dana pembayaran yang disiapkan pelanggan akan dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Jadi saat tim sales mendatangi mereka sudah kehabisan dana.